-->

Mengenali Lebih Jauh Fungsi Rak Tabung Reaksi dan Jenis-jenisnya

Apabila berbicara mengenai peralatan laboratorium kimia, rak tabung reaksi itu termasuk ke dalam kategori alat non gelas. Di mana peralatan tersebut memiliki fungsi sebagai tempat untuk meletakkan dan mengeringkan tabung reaksi yang baru saja digunakan untuk kegiatan penelitian.

Dengan adanya rak itu bisa membuat tabung reaksi dapat tertata secara rapi dalam posisi berdiri. Namun faktanya bukan hanya itu saja masih banyak lagi fungsi lainnya dari rak tersebut. Lantas apa saja fungsi dari rak tabung reaksi itu?

Rak tabung reaksi adalah peralatan laboratorium yang digunakan untuk menahan beberapa tabung reaksi secara bersamaan. Mereka paling sering digunakan untuk berbagai solusi berbeda, saat diperlukan untuk bekerja secara bersamaan, untuk alasan keamanan, untuk penyimpanan tabung reaksi yang aman, dan untuk memudahkan pengangkutan banyak tabung sekaligus. Rak tabung reaksi juga memudahkan pengaturan tabung reaksi dan memberikan dukungan untuk tabung reaksi yang sedang digarap.

Apa Saja Fungsi dari Rak Tabung Reaksi Itu?

Memang benar fungsi utama dari alat laboratorium non gelas itu adalah sebagai tempat untuk meletakkan dan mengeringkan tabung reaksi. Tetapi perlu diketahui bahwa ternyata rak  itu juga dapat digunakan untuk menyimpan tabung reaksi dalam jumlah yang banyak.

Hal itu bisa terjadi dikarenakan rak tabung reaksi telah dilengkapi dengan beragam lubang sehingga memungkinkannya dapat dimanfaatkan untuk menyimpan alat laboratorium tersebut. Selain itu keberadaan rak tabung reaksi di dalam laboratorium juga terbukti sangat membantu para peneliti. Di mana kamu tidak perlu lagi bersusah payah untuk memegang tabung reaksi itu hingga pengujian selesai dilakukan.

Pasalnya selama proses pengujian sedang berlangsung tabung reaksi itu bisa langsung diletakkan pada rak. Dengan begitu tangan tidak akan merasa pegal lagi.

Mengetahui Jenis-Jenis Rak Tabung Reaksi yang Ada di Pasaran

Perlu diketahui bahwa berdasarkan bahan pembuatannya rak tabung reaksi yang ada di pasaran itu dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Meskipun rak itu memiliki jenis yang beragam tetapi fungsinya tetap sama yakin sebagai tempat untuk meletakkan, mengeringkan serta menyimpan tabung reaksi. Adapun jenis-jenis rak tabung reaksi yang ada di pasaran seperti berikut ini.

Rak Tabung Reaksi dari Kayu

Rak Tabung Reaksi

Sama halnya dengan namanya, rak tabung reaksi satu ini untuk bodynya dibuat dari bahan berupa kayu. Walaupun dibuat dari kayu tetapi rak jenis ini memiliki banyak sekali keunggulan. Salah satu keunggulannya yaitu di pasaran produk tersebut dibandrol dengan harga jauh lebih murah.

Bukan hanya itu saja namun proses pembuatan dari rak tabung reaksi kayu ini juga sangatlah mudah dilakukan. Namun sayangnya rak jenis ini juga memiliki kekurangan di mana mudah rusak dan kurang kokoh.

Rak Tabung Reaksi dari Plastik

Rak Tabung Reaksi dari Plastik

Jenis tabung reaksi berikutnya yang bisa kamu temukan di pasaran dengan mudah yaitu terbuat dari plastik. Sama seperti dengan produk sebelumnya, tabung reaksi yang terbuat dari bahan dasar berupa plastik ini juga mempunyai beragam kelebihan misalnya dibandrol dengan harga sangat terjangkau.

Tidak hanya itu saja tetapi rak reaksi dari bahan plastik ini juga mudah dibongkar pasang sehingga sangat cocok digunakan oleh seorang pemula. Meskipun begitu produk ini juga mempunyai kekurangan yakin mudah bergeser ketika sedang digunakan untuk praktikum.

Rak Tabung  Reaksi dari Bahan Besi

Rak Tabung  Reaksi dari Bahan Besi

Meskipun rak tabung reaksi dari bahan besi ini di pasaran dibanderol dengan harga lebih mahal jika dibandingkan produk plastik. Namun produk tersebut sangatlah diminati. Hal itu dikarenakan rak tersebut telah dilapisi dengan krom sehingga membuatnya tidak mudah berkarat.

Di samping itu rak tabung reaksi yang terbuat dari bahan stainless steel ini juga bisa dicuci menggunakan air dan lebih kokoh. Hanya saja produk tersebut mempunyai kekurangan bisa bereaksi dengan zat kimia.

Bentuk Rak yang saling mengunci

Bentuk rak tabung reaksi ini terdiri dari beberapa kubus rak yang dapat dilepas dan dipilin berdasarkan sisi yang diperlukan saja. Setiap kubus dapat menampung satu ukuran tabung reaksi tetapi masing-masing dari keempat sisi kubus menampung tabung dalam berbagai susunan yang dapat disesuaikan.

Rak ini tidak hanya dapat digunakan untuk tabung reaksi, tetapi juga dapat digunakan untuk menyimpan tabung kultur, tabung sentrifus, dan tabung sentrifus mikro. Rak kubus yang saling mengunci juga dapat dimasukkan ke dalam autoklaf, serta memudahkan pengangkutan beberapa tabung dengan ukuran berbeda.

Rak Tabung Reaksi yang Dapat Ditumpuk

Rak yang dapat ditumpuk terbuat dari polypropylene dan dapat ditempatkan di autoclave juga. Dengan menggunakan rangka atau sasis sekunder. Seperti rak klasik, rak ini dapat ditempatkan di atas rak yang lain.

Bagaimana Cara Pengguna Rak Tabung Reaksi Itu?

Pada dasarnya cara penggunaan dari rak tabung reaksi itu sangatlah mudah dilakukan. Bahkan seorang pemula pun bisa melakukannya hanya dengan membaca petunjuknya saja. Adapun langkah-langkah penggunaan rak tabung reaksi seperti berikut ini.

  • Langkah pertama silahkan untuk meletakkan rak tabung reaksi itu di permukaan yang datar supaya nantinya tidak bergoyang.
  • Kemudian silahkan untuk meletakkan tabung reaksi pada lubang yang terdapat di rak tersebut.
  • Terakhir silakan untuk memulai proses pengujian zat kimia tersebut.

Walaupun penggunaan dari rak tabung reaksi ini sangatlah mudah dilakukan, tetapi tetap saja kamu perlu berhati-hati ketika sedang meletakkan tabung ke dalam rak tersebut. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan tempat peletakannya apakah benar-benar sudah berada di posisi yang datar atau belum.

Jika belum cobalah untuk mencari tempat yang permukaannya sudah datar dan aman. Dengan begitu nantinya ketika digunakan rak tersebut tidak akan bergoyang-goyang sehingga proses penelitian bisa berjalan lancar.

Harga Rak Tabung Reaksi yang Ada di Pasaran

Berbicara mengenai harga dari rak tabung reaksi yang ada di pasaran sendiri cukuplah bervariasi. Biasanya dalam hal ini rak yang memiliki lubang sedikit akan dijual dengan harga jauh lebih terjangkau. Sedangkan untuk rak yang mempunyai lubang dengan jumlah banyak harganya jauh lebih mahal. Adapun informasi lengkapnya mengenai harga dari rak tabung reaksi yang terdapat di pasaran seperti berikut ini.

  • Harga rak tabung reaksi  kayu di pasaran dibanderol mulai dari 20 ribuan.
  • Harga rak tabung reaksi plastik di pasaran dibanderol mulai dari 35 ribuan.
  • Harga rak tabung reaksi besi atau stainless steel di pasaran dibanderol mulai dari 50 ribuan.

Berdasarkan artikel di atas dapat disimpulkan bahwa fungsi dari peralatan laboratorium yang bersifat non gelas itu yakin sebagai Tempat untuk meletakkan, menyimpan dan mengeringkan tabung reaksi.

Dalam hal ini agar nantinya rak tabung reaksi yang kamu miliki bisa awet dan tahan lama pastikan telah menyimpannya dengan cara benar.

LihatTutupKomentar